Info Pesantren
Home / Kerjasama Pesantren Islam Al-Irsyad

Kerjasama Pesantren Islam Al-Irsyad

Kerja Sama Pesantren Islam Al-Irsyad

MUFAD

Mufad adalah tenaga bantu asing yang dikirimkan oleh suatu negara untuk membantu kegiatan belajar mengajar di tempat-tempat yang telah ditentukan.

Pesantren Islam Al-Irsyad telah menjalin kerja sama dengan Kerajaan Saudi Arabia dalam pengiriman dan pengadaan mufad untuk setiap tahunya. Pengiriman mufad ini dimaksudkan untuk membantu dalam pengingkatan penguasaan bahasa arab bagi segenap santri dan penguasaan ilmu-ilmu diniyah pada umumnya.

Saat ini pemerintah Kerajaan Saudi Arabia mengirimkan 2 orang tenaga asing untuk membantu proses belajar mengajar di Pesantren Islam Al-Irsyad. Di antara faktor yang cukup berperan dalam peningkatan kualitas bahasa arab para santri di Pesantren Islam Al-Irsyad adalah karena para mufad ini tinggal di dalam lingkungan Pesantren sehingga frekuensi para santri untuk bertemu dengan mereka cukup tinggi. Pada umumnya para mufad menjalankan tugasnya selama 4 (empat) tahun dan setelah selesainya masa tugas maka pemerintah Kerajaan Saudi Arabia akan mengirimkan mufad yang lain sebagai penggantinya.

Saat ini mufad yang mendapatkan tugas untuk membantu proses berlajar mengajar di Pesantren Islam Al-Irsyad adalah :

  1. Syaikh Muhammad bin Marzuq Ad-Da’jani (salah seorang penuntut ilmu yang telah dikenal oleh Syaikh Sholeh Fauzan-hafidzahullah ta’ala-). Beliau mempunyai satu kitab yang telah mendapatkan pujian dan rekomendasi dari Syaikh Sholeh Fauzan untuk dibaca yaitu kitab yang berjudul Arbauuna Hadiitsan fi fadhli laa ilaha illallah yang saat ini dikaji di Masjid Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran
  2. Syaikh Mayah Asy-Syammari

KHIDMAH PESANTREN

Khidmah adalah program yang dijalankan oleh Pesantren Islam Al-Irsyad untuk para alumni dalam melatih dan mempraktekkan ilmu yang telah diperolehnya selama belajar di Pesantren. Program ini merupakan salah satu rangkaian syarat kelulusan dari Pesantren Islam Al-Irsyad khususnya dari jenjang I’dad Muallimin. Lama program adalan selama 1 (satu) tahun kecuali untuk para alumni yang selama studinya mendapatkan pembiayaan (beasiswa) dari Pesantren.

Dalam pelaksanaannya para alumni disebar ke berbagai tempat yang telah ditentukan oleh Pesantren atas permintaan dari pondok Pesantren, lembaga dakwah dan pendidikan serta organisasi-organisasi keislaman. Pada setiap tahunnya Pesantren Islam Al-Irsyad menyeleksi surat-surat yang masuk untuk mendapatkan jatah pengiriman santri khidmah dari Pesantren Al-Irsyad. Tentunya surat-surat yang masuk ini tidaklah sebanding dengan jumlah lulusan Pesantren yang masih relatif sedikit, oleh karena itu hanya sekitar 25 % dari permohonan surat yang masuk yang baru dapat dikabulkan.

Inilah sedikit peran Peantren Islam Al-Irsyad Tengaran dalam rangka ikut mengemban amanat dalam penyebaran dakwah islam yang bermanhaj ahlus sunnah wal jama’ah.

Di antara tempat-tempat yang telah menjalin kerja sama dengan Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran dalam penempatan para santri khidmah adalah :

  1. Islamic Centre bin Baz, Yogyakarta – DIY
  2. Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Bogor, Jawa Barat
  3. Yayasan Al-Irsyad Al-Islamiyah, Kediri – Jawa Timur
  4. Pondok Pesantren Ibnu Abbas As Salafy, Sragen – Jawa Tengah
  5. Ta’mir Masjid Sa’ad bin Mu’ad, Semarang – Jawa Tengah
  6. Yayasan Miftahus Sunnah Pendidikan & Da’wah, Semarang – Jawa Tengah
  7. Pondok Pesantren Al Itsihom, Yogyakarta – DIY
  8. Pengurus Lembaga Hidayatul Muslim, Sembin – Kalimantan Barat
  9. Pondok Pesantren Al-Irsyad Al-Islamiyyah, Batu – Jawa Timur
  10. Yayasan Islam Nurul Yaqin, Sorong – Papua Barat
  11. Yayasan Islam Al Furqon, Magelang – Jawa Tengah
  12. Dewan Kesejahteraan Masjid, Muara Enim – Sumatra Selatan
  13. Yayasan Najiyah Al Islamiyah, Bandung – Jawa Barat
  14. Yayasan Perguruan Al-Irsyad Surabaya, Jawa Timur
  15. Pondok Pesantren Nida’ul Islam, Kendal – Jawa Tengah
  16. Pesantren Al-Ma’tuq, Sukabumi – Jawa Barat
  17. Yayasan Mafaza SMPIT Fullday & Boarding School, Sumedang – Jawa Barat
  18. yayasan Islam Nurus Sunnah, Semarang – Jawa Tengah
  19. Pesantren Islam Hidayatunnajah, Bekasi – Jawa Barat
  20. Pondok Pesantren Islam Al-Irsyad, Bondowoso – Jawa Timur
  21. Al Fajri, Bondowoso – Jawa Timur

2 komentar

  1. siti anjarwati

    assalaamu’alaikm….
    sya llusan dri ponpes al iman bbadan pnorogo jatim.. sya mau tnya sma antm.. apa ada lwongan ngjar d ponpes al irsyad al islamiyyah..?? bgi saya yg blm pny ijzah s1.. mhon info ny..
    syukroon… wassalaamu’alaikm..

    • Pesantren Islam Al-Irsyad

      Wa ‘alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh,
      Insya Allah masih ada lowongan pekerjaan untuk di Pesantren, dan bisa ditanyakan langsung melalui telepon ke bagian HRD pesantren. Namun mohon maaf karena Pesantren Islam Al-Irsyad sampai saat ini baru menerima pegawai ikhwan (laki-laki) saja.

Tinggalkan komentar

Alamat email Antum tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top