Info Pesantren
Home / Madrasah Tsanawiyah (MTs) / Mutawasithoh (MTW) Al-Irsyad

Madrasah Tsanawiyah (MTs) / Mutawasithoh (MTW) Al-Irsyad

Sejarah Singkat

MTs (Madrasah Tsanawiyah) Al-Irsyad Tengaran merupakan bagian dari wadah pendidikan Pesantren Islam Al-Irsyad yang di dirikan pada tahun 1988.

Pada mulanya MTs Al-Irsyad bernama Mutawasithoh (MTW) yaitu jenjang yang setingkat dengan SMP/MTs atau yang sederajat. Jenjang Mutawasithoh ini mempelajari berbagai jenis bidang ilmu agama dan umum yang menjadi kurikulum wajib DIKNAS maupun DEPAG, hanya saja pada waktu itu kurikulum yang diajarkan dari mapel umum belum diujikan pada EBTANAS atau sekarang lebih dikenal dengan sebutan Ujian Nasional.

Setelah berdiri cukup lama, banyak permintaan dari orang tua siswa yang menyekolahkan anaknya di Pesantren Islam Al-Irsyad agar anaknya juga memperoleh ijazah yang diakui oleh negara (ijazah dari pemerintah) selain ijazah dari pesantren. Untuk merespon berbagai usulan dan permintan dari orang tua siswa, maka pihak pesantren menindaklanjuti hal tersebut dengan mendaftar ke DEPAG untuk mendirikan sekolah MTs (Madrasah Tsanawiyah). Akan tetapi persyaratan yang diajukan oleh DEPAG cukup banyak dan sulit untuk direalisasikan oleh Pesantren pada waktu itu.

Alhamdulillah pada tahun 1999 Pesantren Islam Al-Irsyad resmi bergabung ke SMP Terbuka untuk jenjang Mutawasithoh dan dalam perjalanannya menginduk ke SMPN 2 Tengaran.

Meskipun secara resmi jenjang MTW Al-Irsyad boleh dikatakan masih baru, namun banyak dari Siswa Pesantren mendapat prestasi yang membanggakan. Beberapa prestasi tersebut adalah memperoleh peringkat 5 lomba Cerdas Cermat Tingkat Nasional pada tahun 2003, Juara 3 lomba Cerdas Cermat Tingkat Nasional pada tahun 2004, dan yang terakhir SMP Terbuka, yang notabenenya terdiri dari 95 % siswa Pesantren Islam Al-Irsyad, mendapat peringkat 1 tingkat Jawa Tengah dari nilai rata-rata Ujian Nasional tahun 2005, dan banyak Siswa yang mendapatkan Nilai 10 pada Ujian nasional, yaitu pada mata pelajaran Matematika.

Berbekal dari hasil prestasi tersebut dan desakan dari Dewan Pengembang Pesantren serta semakin banyak permintaan orang tua yang menginginkan agar ijazah yang dimiliki anaknya tidak hanya sebatas Ijazah SMP Terbuka, maka pada tahun 2005 Pesantren Islam Al-Irsyad resmi mendaftar dan bergabung ke DEPAG untuk mendirikan MTs dan Alhamdulillah pada tahun yang sama surat izin dari DEPAG keluar dengan Nomor :Kw.11.4/4PP.03.2/1258/2005 tanggal 6 Juni 2005 dan mendapakan Nomor Statistik Madrasah (NSM) : 212332202035. Adapun Piagam Pendirian Madrasah Swasta dengan nomor : D/Kw/MTs/58/2005. MTs Al-Irsyad pada tahun 2009 juga telah melakukan akreditasi.

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi MTs Al-Irsyad

Tinggalkan komentar

Alamat email Antum tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top