Info Pesantren
Home / Profil Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran

Profil Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran

Pendahuluan

Pesantren Islam Al-Irsyad adalah salah satu wadah pendidikan Islam yang menggabungkan ilmu-ilmu ke-Islaman dengan ilmu-ilmu umum dalam rangka mencetak generasi Islam yang kokoh dan tanggap terhadap perubahan zaman.

Visi Pesantren

Diakui sebagai salah satu Pondok Pesantren Islam terbaik di wilayah Nusantara maupun Mancanegara yang bermanhaj Salaful Ummah (Ahlus Sunnah Wal Jama’ah).

Misi Pesantren

  1. Terwujudnya Pesantren dengan fasilitas yang memadai
  2. Terciptanya lulusan yang menguasai bidang agama dan bahasa Arab, Inggris, Indonesia dengan aktif dan setiap unit setara dengan SBI
  3. Lulusan yang mampu berdakwah dengan aqidah dan manhaj Salafusshalih
  4. Lulusan yang mampu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam maupun luar negeri
  5. Terwujudnya warga belajar yang peduli terhadap kebersihan
  6. Terwujudnya warga belajar yang memiliki akhlaq
  7. Lulusan dengan hasil UN tinggi, diakui oleh pemerintah
  8. Mempunyai kualitas berstandar ISO
  9. Memperoleh akreditasi A dengan nilai minimal 95
  10. Manajemen sekolah dengan standar BSNP

Wadah Pendidikan

Pesantren Islam Al-Irsyad memiliki beberapa wadah pendidikan yang secara integral (saling terkait dan berjalan bersama-sama) berupaya untuk menunjang terwujudnya Visi Pesantren.
Wadah pendidikan yang ada di Pesantren Islam Al-Irsyad adalah :

  1. SDITQ (Sekolah Dasar Islam Tahfidzul Qur’an)/Setingkat SD

Wadah pendidikan dalam jenjang ini berusaha untuk dapat mencetak para lulusan yang hafal Al-Qur’an.
Lususan jenjang ini memiliki Ijazah Nasional dan Pesantren.

  1. MTW (Mutawasithoh)/Setingkat SMP

Wadah pendidikan dalam jenjang ini berusaha untuk dapat mencetak para lulusan yang mempunyai kemampuan bahasa arab yang optimal serta pengetahuan keislaman maupun pengetahuan umum yang memadai.
Lulusan jenjang ini memiliki Ijazah Nasional dan Pesantren.

  1. IM (I’dad Muallimin)/Setingkat SMA

Wadah pendidikan dalam jenjang ini berusaha untuk dapat mencetak para lulusan yang menguasai ilmu-ilmu keislaman secara mendalam dibarengi dengan pengetahuan umum serta bidang-bidang ketrampilan yang memadai.
Lulusan jenjang ini memiliki Ijazah Nasional dan Pesantren yang telah mendapat akreditasi mu’adalah (persamaan) dari Kerajaan Saudi Arabia.

  1. IL (I’dad Lughowi)

Wadah pendidikan dalam jenjang ini diperuntukkan bagi para lulusan SMP atau yang setara selain jenjang MTW Al-Irsyad dengan fokus penguasaan bahasa arab untuk dapat masuk jenjang I’dad Muallimin Pesantren Islam Al-Irsyad.
Pendidikan dalam jenjang ini dilaksanakan selama 1 tahun dan mendapatkan Ijazah Pesantren.

Staf dan Tenaga Pengajar

Saat ini staf dan tenaga pengajar Pesantren Islam Al-Irsyad terdiri dari 2 orang¬†mufadSaudi (tenaga pengajar dari Kerajaan Saudi Arabia untuk membantu kegiatan belajar mengajar); alumni timur tengah baik dari Madinah, Mesir, Sudan; alumni LIPIA Jakarta; alumni ma’had tahfidz; alumni Pesantren Islam Al-Irsyad; alumni PT dalam negeri seperti UGM, UNDIP, UNS, UNNES, UMS dan lain-lain.

Kelanjutan Studi

Setelah mendapatkan akreditasi persamaan (muadalah) dari Universitas Islam madinah KSA, lulusan Pesantren Islam Al-Irsyad mempunyai peluang kuat untuk diterima di Universitas Islam Madinah. Pada umumnya lulusan Pesantren Islam Al-Irsyad melanjutkan studinya ke Madinah, Mesir, Sudan, LIPIA serta berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Lulusan Pesantren Islam Al-Irsyad juga dapat langsung terjun untuk berdakwah di tengah-tengah masyarakat dengan bekal ilmu yang telah diperolehnya.

Fasilitas Pesantren

Untuk menunjang tercapainya kualitas pendidikan yang optimal, Pesantren Islam Al-Irsyad menyediakan beberapa fasilitas di antaranya : kampus terpadu dua lantai, asrama representatif tiga lantai, laboratorium komputer, maktabah, loundry, lapangan olah raga (futsal, basket, bulu tangkis dll), pelayanan kesehatan, koperasi dan kantin, sumber air artesis, minimarket dan lain-lain.

Strategi Pencapaian Visi & Misi Pesantren

Untuk mencapai terwujudnya Visi & Misi Pesantren dengan wadah pendidikan yang sudah ada, Pesantren Islam Al-Irsyad menerapakan Sistem Manajemen Terpadu yang meliputi :

  1. Manajemen Pendidikan

Sistem pendidikan yang diterapkan di Pesantren Islam Al-Irsyad akan selalu dikembangkan untuk membentuk para santri lulusan Pesantren Islam Al-Irsyad menjadi lebih berkualitas dan unggul dalam kompetensi dibandingkan pesantren-pesantren lainnya baik di wilayah nusantara maupun mancanegara.

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Pesantren Islam Al-Irsyad berupaya untuk merekrut orang-orang yang berpotensi dan profesional untuk mewujudkan visi dan misi Pesantren. Demikian pula potensi Sumber Daya Manusia Pesantren Islam Al-Irsyad yang sudah ada akan senantiasa digali dan dikembangkan sehingga seluruh pegawai Pesantren dapat menjalankan peran mereka masing-masing secara optimal.

  1. Manajemen Lingkungan

Pesantren Islam Al-Irsyad berupaya untuk membentuk lingkungan yang kondusif sebagai tempat belajar mengajar. Progarm-progam kebersihan, peremajaan serta pengembangan lingkungan Pesantren akan dicoba untuk diterapkan sehingga terbentuklah kondisi Pesantren Islam Al-Irsyad sebagai tempat belajar mengajar yang kondusif dan menyenangkan.

Ketiga unsur inilah yang akan menopang keberhasilan pencapaian Visi & Misi Pesantren, Insya Allah.

 

---

Scroll To Top