Info Pesantren
Home / Tanya Ustadz / Tanya Ustadz: Tusukan Setan pada Bayi yang Baru Lahir di Bulan Ramadhan

Tanya Ustadz: Tusukan Setan pada Bayi yang Baru Lahir di Bulan Ramadhan

“Assalamu alaikum
Ustadz, ana mau tanya, setiap bayi yang lahir akan menangis dikarenakan tusukan setan. Jika ada bayi yang lahir di bulan ramadhan apakah setan akan menusuk bayi tersebut sedangkan setan sedang dibelenggu pada bulan tersebut?”

— Ditanyakan oleh Aqsol Zidan Hanafi

Dijawab oleh Ustadz Rizal Yuliar Putrananda, staff ahli bahasa serta pengajar di Pesantren Islam Al-Irsyad.

Wa`alaykumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Bismillahirrahmanirrahim
Dalam sebuah hadits yang shahih diriwayatkan bahwa Nabi mulia Muhammad Shallallahu `Alayhi Wasallam bersabda,

“مَا مِنْ مَوْلُودٍ يُولَدُ إِلَّا نَخَسَهُ الشَّيْطَانُ فَيَسْتَهِلُّ صَارِخًا مِنْ نَخْسَةِ الشَّيْطَانِ إِلَّا ابْنَ مَرْيَمَ وَأُمَّهُ” (مسلم).

“Tidaklah seorang bayi dilahirkan, kecuali setan menekannya (menusuknya) sehingga bayi itu akan berteriak (menangis) disebabkan tusukan itu, kecuali (Nabi Isa) bin Maryam dan Ibundanya” (HR. Muslim dari Abu Hurairah semoga Allah meridhainya).

Berdasarkan hadits ini, maka salah satu sebab tangisan bayi saat dilahirkan adalah sentuhan atau tekanan setan dan hanya Allah Subhanahu Wa Ta`ala Yang Maha Melindungi putra putrid kita dari gangguan setan.

Adapun dibelenggunya setan di bulan Ramadhan seperti dikabarkan dalam sebuah hadits, maka hal tersebut tidak menunjukkan bahwa seluruh setan (tanpa terkecuali) dibelenggu. Sebab, beberapa riwayat menyebutkan “maradatusy syayathin” setan-setan yang durjana. Artinya, yang dibelenggu hanyalah setan yang durjana, liar dan pembangkang. Adapun setan-setan lainnya masih sangat mungkin menggoda manusia. Wallahu A`lam

2 komentar

  1. Assalamu’alaikum
    saya ingin belajar di ponpes al irsyad, mohon nasehat dan motivasinya.
    Wassalamu’alaikum

Tinggalkan komentar

Alamat email Antum tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*

Scroll To Top