Info Pesantren
Home / Artikel dan Kajian Islam / Mutiara Hadits: Mintalah Keselamatan

Mutiara Hadits: Mintalah Keselamatan

عن أبي الفضل العباس بن عبد المطلب -رضي الله عنه- قال: قلتُ: يا رسول الله عَلِّمْنِي شيئا أسأله الله -تعالى-، قال: «سَلُوا اللهَ َالعافية» فمكثتُ أياما،ً ثم جِئْتُ فقلتُ: يا رسول الله علمني شيئا أسأله الله -تعالى-، قال لي: «يا عباس، يا عَم رسول الله، سَلُوا الله العافية في الدنيا والآخرة».

Dari Abu al-Fadhl al-Abbas bin Abdul Mutthalib raḍiyallahu anhu, ia berkata: Aku berkata, “Wahai Rasulullah, ajarkanlah kepadaku sesuatu yang aku minta kepada Allah ta’ala”. Beliau menjawab, “Mintalah keselamatan kepada Allah.” Lalu aku tinggal selama beberapa hari, kemudian menemui beliau lagi, lalu berkata, “Wahai Rasulullah, ajarkanlah aku sesuatu yang aku minta kepada Allah Ta’ala-.” Beliau berkata kepadaku, “Wahai Abbas, wahai paman Rasulullah, mintalah keselamatan kepada Allah di dunia dan akhirat.” (HR. at-Tirmidzi dan Ahmad)

Penjelasan Hadits

Hadits ini termasuk salah satu hadits Jawami al-Kalim (kalimat ringkas sarat makna) yang diucapkan Rasulullah ṣhalallahu ‘alaihi wasallam. Paman beliau, Abbas raḍiyallahu anhu meminta diajarkan sebuah doa. Maka beliaupun mengajarkan kepadanya sebuah doa berupa ungkapan yang singkat, sangat ringkas namun maknanya sangat dalam, mencakup kebaikan dunia dan akhirat.  Nabi  ṣhalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Mintalah keselamatan kepada Allah!”  bahkan diulangi di akhir hadits, “Wahai Abbas, wahai paman Rasulullah, mintalah keselamatan kepada Allah di dunia dan akhirat.”

Faidah Hadits

  1. Al-Aafiyah adalah keselamatan dari setiap keburukan. Ketika Allah ta’ala memberikan taufiq keselamatan dari setiap keburukan, dari keburukan badan, hati, hawa nafsu, dan selainnya maka engkau dalam kebaikan.
  2. Berdoa meminta keselamatan adalah seutama-utamanya doa.
  3. Hadits ini mengandung petunjuk bahwa selayaknya setiap orang meminta keselamatan di dunia yaitu selamat dari sakit dan ujian. Serta keselamatan di Akhirat yaitu dengan ampunan dari dosa dan memperoleh yang diinginkan.
  4. Semangat para sahabat radhiyallahu anhum untuk menambah ilmu dan kebaikan.

Diterjemahkan secara bebas dari https://hadeethenc.com/ar/

Arif Ardiansyah, Lc

Tinggalkan komentar

Alamat email Antum tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi ditandai dengan *

*

× Ada Pertanyaan? Powered by QuadLayers
× Ada Pertanyaan?